Friday 11 August 2017

Lokasi jual kaset pita dan tempat kuliner


Tempat jual kaset

Cerita ini adalah pengalaman saya sewaktu tinggal di kota Surabaya.  Kegemaran akan koleksi kaset pita memaksa saya untuk mencari tempat kaset pita dijual.  Di kota Surabaya ada beberapa tempat favorit yang selalu dikunjungi oleh pemburu kaset.  Lokasi-lokasi itu biasanya berada dalam satu lokasi dengan penjualan barang-barang bekas.  Sesuai dengan kondisinya, kaset pita sebagai barang langka atau barang bekas karena sudah tidak diproduksi lagi.  Era digital menyebabkan kaset pita tergeser dan digantikan dengan musik format MP3 atau saat ini yang masih bertahan adalah CD (Compact Disc).  
      Beberapa tempat penjualan kaset pita yang saya rekomendasikan untuk dikunjungi diantaranya adalah :

Kaset bekas di kota Surabaya

     Pasar Gembong atau lengkapnya Gembong Tebasan, merupakan lokasi penjualan barang bekas terbesar di Surabaya.  Lokasi pasar barang bekas ini berada disepanjang jalan Kapasari. Bila dari Terminal Jembatan Merah (Surabaya Utara) lokasi terus kearah Timur jalan lurus melewati jalan kembang Jepun dan Kapasan, kemudian ke arah Selatan sampai Jalan Kapasari. Perjalanan sekitar 10 Menit bila naik angkutan umum, lebih cepat bila naik ojek online. Bila anda telah sampai di Jalan Kapasari, bisa menyusuri sepanjang jalan tersebut.  Ada sekitar 8 titik lokasi penjual kaset yang menetap dan kadang ada beberapa yang insedential/tidak menetap atau tidak hanya jual kaset saja, kadang jual kadang tidak. Pasar ini buka setiap hari dan ramai dikunjungi di hari libur.
     Lokasi lain (Kadang ada, kadang tidak ada penjual kaset bekas) seperti di Pasar Turi, Pasar barang bekas dan Akik, berada di belakang jalan kantor Pemadam kebakaran kota Surabaya hingga tembus jalan Indrapuran samping kantor DPRD.  Saat ini tidak ada lagi penjual kaset yang menetap, hanya kadang ada kadang tidak. Lokasi lainnya Rombengan di Pasar Ngagel dan Pasar Minggu Pagi di Masjid Agung.

Bila anda ingin mencari tempat makan setelah berkeliling-keliling mencari kaset bekas, banyak tempat makan di Surabaya.  Disekitar pasar Gembong tidak perlu kuatir karena banyak tempat makan mulai yang dipinggir jalan hingga di Mall atau restoran.  Sepanjang jalan kapasari banyak ditemui penjual makanan kakilima. Ke arah selatan sekitar 500 M ada gedung THR Mall yang merupakan pusat komputer dan HP didalamnya ada tempat makan. terus ke Selatan sepanjang jalan kusuma bangsa hingga ke daerah Stasiun Gubeng banyak sekali ditemui tempat-tempat makan yang dijamin tidak menguras kantong.

Kaset bekas di kota Malang
Sempat saya jalan-jalan ke kota Malang dan bertemu dengan teman-teman dikota itu, terutama yang memiliki hobby sama, koleksi kaset pita.  Beberapa tempat penjualan kaset bekas yang mungkin masih ada yaitu di Pasar Comboran lokasi berdekatan dengan rumah sakit Panti Nirmala (Selatan kota Malang).
Lokasi lain di Pasar Loak Juanda (Jalan Juanda) yang berada di samping kampoeng warna-warni jembatan Brantas Malang.  Ada satu bedak yang menjual kaset lawas dan merupakan salah satu penjual terlama di Kota Malang, namanya Mas Tono.  Ybs juga berjualan di Pasar Minggu Stadion Gayana setiap hari Minggu Pagi hingga siang hari.  Lokasi ketiga adalah di Veledrom yaitu berada diperumahan sawojajar Malang, ada satu penjualn kaset bekas yaitu Cak Subi, Ybs juga menjual buku bekas.
Untuk lokasi bedak atau toko mungkin hanya itu yang pernah saya kunjungi.  Untuk lokasi lain biasanya berada di rumah penjualnya langsung.




Salah satu kaset yang diperoleh di Malang yaitu Kaset karya cipta Guruh Soekarno Putra yaitu Album Pusparagam dan album Candu Asmara. Dua album ini mulai jarang ditemui di pasar kaset bekas.
Silakan bagi yang berminat.






Tips membersihkan kaset pita.

Kaset pita yang merupakan barang lama, karena sudah lama tidak diproduksi lagi.  Kondisi sebagai barang lama tentunya ada perubahan karena berjalannya waktu, seperti perubahan fisik baik casing, pita dan kondisi lain di kaset tersebut.

Untuk Rumah kaset atau Casing, biasanya perubahan dikarenakan elastisitas casing yang sedikit membengkok, baik karena cuaca, suhu dan kondisi tempat penyimpanan yang lembab, sehingga menyebabkan casing tidak lurus (agak membengkok).  Hal ini dapat menyebabkan tersendatnya putaran pita saat pemutaran lagu (putaran bisa lambat atau tidak bisa berputar sama sekali).

Suara lagu agak mendem (tidak jelas), biasanya dikarenakan bantalan kaset kotor atau sudah keras karena seringnya pemutaran kaset tersebut. bantalan juga bisa lepas hingga tertinggal platnya saja.  Atau bahkan plat lepas dari penyangganya.  Untuk perbaikan kondisi suara lagu menjadi lebih jernih lagi yaitu kita lihat bantalannya.  Kalau hanya kotor cukup dibersihkan dengan obeng kecil dengan di kerik-kerik hingga kotoran pada bantalan bersih.  Jika dikarenakan bantalan keras atau kondisi lepas, maka perbaikan dengan membukan rumah kaset (casing). Ada solusi agar tidak membuka casing adalah dengan memberi kertas tisu atau kapas pada atas bantalan.

Untuk persiapan perawatan kaset dibutuhkan obeng kecil dan alat pembersih seperti kapas, tisu.

Kaset yang akan diperbaiki dan obeng kecil

Kaset yang telah dibuka dan melepas pelicinya

Bantalan yang telah dilepas


Cara melepas rumah kaset (Casing)
1.  Siapkan obeng kecil
2.  Bukalah sekrup casing (ada 5 sekrup), sebaiknya buka dulu yang dibangian tengah untuk menjaga 
     elastisitas rumah kaset.  semudian bukan sekrup lain yang berada diujung-ujung casing.  Jangan 
     menekan keras saat membuka agar casing karena dapat membuat casing pecah.
3.  Lepas pelicin pita biasanya berwarna lembar hitam (ada 2 lembar, diatas dan dibawah pita), lepas        yang diatas pita dulu
4.  angkat pita secara hati-hati keluar casing dan letakkan ditempat yang aman.  Jaga jangan sampai          pita berhamburan lepas.  Kemudian pindahkan pelicin pita yang dibawah pita.
5.  Lepas bantalan kaset, plat bantalan, roda perputaran kaset (ada 2 diujung kiri dan kanan)
6.  Setelah semua dilepas, baru dilakukan pembersihan casing bagian dalam.  Biasanya kotor debu            hingga jamur yang menempel.
7.  Jamur kadang juga ada di pita, sehingga untuk pembersihan harus dilakukan hati-hati.
8.  BIla telah besih baru dilkukan pengembalian casing seperti semula.






1 comment:

  1. Yang jual kaset wilayah malang ada nomor kontaknya nggak mas?

    ReplyDelete